Penyakit Haemorrhagic Viral pada Kelinci Kenali Dan Bagaimana Pencegahannya

Penyakit Haemorrhagic Viral pada Kelinci
Penyakit Haemorrhagic Viral pada Kelinci

Apakah yang dimaksud dengan penyakit kelinci Haemorrhagic (RHD)? Terkadang juga disebut sebagai penyakit calcivirus kelinci (RCD) atau penyakit meyebabkan virus (VHD).

Ini adalah kondisi yang sangat menular dan sering fatal yang sebagian besar mempengaruhi kelinci liar, tetapi juga dapat menyebar ke kelinci domestik.

Virus penyakit kelinci meyebabkan (rhdv) adalah virus menular yang bertanggung jawab, yang menyerang organ internal kelinci menyebabkan mereka untuk perdarahan.

Ini adalah kondisi yang mengancam kehidupan yang dapat memegang sangat cepat, jadi penting untuk menyadari penyakit ini jika Anda adalah pemilik kelinci hewan peliharaan.

Bagaimana itu menyebar dan siapa yang berisiko?

Wabah virus dapat menyebar selama ratusan mil dan dapat mempengaruhi kelinci liar dan domestik di Inggris dan Eropa.

Virus ini sangat stabil dan dapat tetap aktif selama berhari-hari, bahkan dalam kondisi ekstrem.

Ini berarti bahwa hal itu dapat dengan mudah ditransmisikan antara Kelinci dengan kontak langsung, atau melalui kotoran dari kelinci yang terinfeksi. Hewan lain dan serangga dapat mengirimkan virus juga. Misalnya, lalat, burung, tikus dan manusia melalui pakaian atau sepatu mereka. Penyakit ini tidak menimbulkan risiko bagi manusia.

Gejala

Sayangnya, dalam banyak kasus kematian mendadak dapat terjadi tanpa tanda klinis. Namun, ketika gejala menunjukkan salah satu tanda pertama adalah demam tinggi, serta:

  • Kelesuan
  • Kesulitan bernapas
  • Hilangnya nafsu makan
  • Darah dalam pembuangan dari hidung atau mulut
  • Kurangnya koordinasi

Dalam peristiwa disayangkan bahwa kelinci Anda harus mati dan Anda mencurigai penyakit kelinci Haemorrhagic, Anda harus menginformasikan praktek dokter hewan Anda segera. Hal ini penting untuk mencegah epidemi karena virus ini begitu sangat menular. Sayangnya, masih belum ada obat untuk penyakit ini dan pencegahan adalah pilihan terbaik Anda sebagai pemilik kelinci.

Kelinci yang kontrak penyakit memiliki kesempatan rendah untuk bertahan dan bahkan jika mereka lakukan, mereka tetap pembawa sehingga perlu dijaga menjauh dari hewan lain dan kelinci.

Jika Anda menemukan bahwa kelinci Anda memiliki Rabbit Haemorrhagic Disease, dokter hewan Anda mungkin dapat menyarankan pengobatan, tetapi dalam banyak kasus di mana seekor kelinci menderita mereka mungkin menyarankan eutanasia.

Pencegahan

Karena penyakit ini sangat menular dan tidak memiliki obat, itu sangat penting untuk vaksinasi semua kelinci domestik tahunan. Ini akan melindungi kelinci Anda dan juga membantu untuk mencegah wabah masa depan. Vaksinasi dapat diberikan dari 3 bulan usia dan mereka cepat dan tidak menyakitkan. Dianjurkan untuk memberikan vaksin secara terpisah untuk vaksinasi myxomatosis.

Meskipun kami akan selalu merekomendasikan vaksinasi untuk melindungi Anda kelinci, kebersihan (biosecurity) juga sangat penting.

Terutama ketika kelinci pencampuran di acara, untuk peternak atau untuk kelinci boarding. Kami masih sangat menganjurkan bahwa sebagai pemilik kelinci, Anda juga mengikuti praktik kebersihan yang baik untuk mencegah penyebaran penyakit kelinci Haemorrhagic.

Ini termasuk:

  • Cuci tangan Anda sebelum menangani kelinci Anda
  • Jauhkan area hidup kelinci Anda bersih dan secara teratur disinfeksi mereka
  • Simpanlah makanan dan jerami kelinci Anda dalam wadah pelindung dan pastikan Anda membelinya dari pemasok terkemuka yang tidak menyimpannya di luar tempat mereka dapat terkena serangga, kelinci liar atau hama
  • Jauhkan kelinci Anda tertutup dan lebih baik tanpa kontak dengan kelinci liar
  • Karantina kelinci baru sebelum memperkenalkan mereka
  • Bagaimana jika kelinci saya adalah seekor kelinci rumah?

Rumah kelinci berada pada risiko yang lebih rendah, tetapi sebagai penyakit dapat ditularkan oleh fomit (melalui sepatu dan pakaian misalnya), masih penting untuk vaksinasi.

Strain baru-RHD-2

Pada Mei 2016, Rabbit Haemorrhagic Disease menjadi berita utama di Inggris sebagai strain virus baru dilaporkan.

Selama bertahun-tahun, strain asli dibeli di bawah kendali oleh penggunaan yang efektif dari vaksin yang sukses.

Hal ini masih hari awal dalam hal informasi tentang RHD-2 atau RHDV2, tetapi para ahli dengan cepat mulai bekerja pada vaksin di Eropa. Vaksin ini kini telah tersedia di Inggris untuk komersial terus kelinci dan dokter hewan dengan sertifikat impor khusus. Namun, belum diuji secara luas di kelinci domestik.

Dibandingkan dengan strain asli, RHD-2 tidak menunjukkan gejala yang sama khas, sehingga sulit untuk mendiagnosa.

Hal ini juga dapat mempengaruhi kelinci muda kurang dari 4 minggu tua, sedangkan kelinci muda biasanya dilindungi oleh antibodi ibu dengan strain asli.

Hal ini membuat kebersihan dan biosekuriti menjadi semakin penting. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa kematian dari RHD-2 biasanya membutuhkan waktu lebih lama, dan dalam beberapa kasus dua kali selama RHD-1 yang dapat menyebabkan kematian pada kelinci di 1-3 hari.

Sampai lebih banyak pilihan pengobatan yang tersedia, kami akan merekomendasikan Anda terus mendapatkan kelinci Anda divaksinasi sesuai rekomendasi dokter hewan Anda dan tetap up to date dengan berita terbaru dan kemajuan dalam vaksinasi terhadap RHD-2.

Dampak nyata dari RHD-2 pada hewan peliharaan kelinci belum diketahui, karena belum ada studi terkoordinasi untuk melihat berapa banyak yang mempengaruhi populasi kelinci hewan peliharaan Inggris.

Sebagai dokter hewan kami mendorong izin posting mortem dan sampel dalam setiap kasus yang dicurigai, harus mati kelinci atau membutuhkan eutanasia dengan tanda klinis penyakit Rabbit haemorrhagic. Ini adalah satu-satunya cara untuk diagnosis definitif.

Jika Anda khawatir tentang kelinci Anda dan memerlukan saran lebih lanjut tentang mengambil tindakan proaktif untuk melindungi hewan peliharaan Anda, hubungi kami atau kunjungi dokter hewan Anda.